Selamat Datang di
PGTK SEKOLAH ISLAM IBNU HAJAR
Growth Profession Based on Talent at Local Genius

PGTK Sekolah Islam Ibnu Hajar menghadirkan pembelajaran yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam dan Al-Qur’an, sehingga setiap anak tumbuh dengan rasa hormat, kebaikan, dan integritas dalam kehidupan sehari-hari.
Pada tahun-tahun berharga ini, kami membangun fondasi yang kuat bagi perkembangan anak. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kurikulum, kami mengasah karakter, meningkatkan keterampilan sosial, serta memperkenalkan Al-Qur’an sejak dini. Pendekatan holistik ini menghadirkan lingkungan yang penuh keceriaan, di mana anak-anak tumbuh, belajar dengan gembira melalui permainan bermakna, dan menumbuhkan kecintaan terhadap ilmu. Tujuan kami adalah membentuk generasi dengan karakter mulia, yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan percaya diri.

Annisa Putri Utami Sutardi, S.Pd
Sambutan Kepala Sekolah
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,
Ayah Bunda yang kami cintai, selamat datang di PGTK Sekolah Islam Ibnu Hajar, tempat di mana hati dan pikiran kecil memulai perjalanan indah mereka.
Kami bukan sekadar pusat pembelajaran anak usia dini dengan standar. Kami adalah lembaga yang penuh kasih sayang, yang mendampingi anak-anak di masa paling berharga dalam hidup mereka, masa golden age di usia dini.
Pada tahap ini, anak-anak tumbuh dan berubah dengan sangat cepat dalam cara berpikir, merasakan, dan membangun hubungan dengan dunia di sekitarnya. Karena itu, kami menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya aman dan penuh perhatian, tetapi juga bermakna, menyenangkan, dan penuh kesadaran.
Sebuah tempat yang penuh tujuan, keajaiban, dan kehangatan di mana setiap anak merasa dilihat, didengar, dan dihargai.
Kami menggunakan kurikulum “4 Pilar”, yang mendorong pembelajaran melalui bermain, eksplorasi, dan penemuan langsung untuk membantu anak membangun kepercayaan diri serta kecintaan terhadap belajar di setiap bidang perkembangan.
Di balik semua itu, kami menanamkan nilai-nilai Islam yang kuat seperti iman, kasih sayang, rasa hormat, dan kejujuran untuk membentuk karakter dan jiwa anak sejak usia dini.
Di PGTK Sekolah Islam Ibnu Hajar, InsyaAllah, kami mempersiapkan Ananda tidak hanya untuk hari ini, tetapi juga agar benar-benar siap menghadapi dunia yang terus berubah. Dengan cinta, bimbingan, serta pengalaman yang bermakna, menyenangkan, dan penuh kesadaran, kami percaya setiap anak dapat tumbuh menjadi pemimpin masa depan yang penyayang, cakap, dan percaya diri.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kurikulum
Program intra-kurikuler TK Sekolah Islam Ibnu Hajar disusun dengan cermat berdasarkan 4 kompetensi relevan, yang masing-masing ditujukan untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa kami saat mereka mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan.
Â
Program Intra-Kurikuler TK Sekolah Islam Ibnu Hajar
Program intra-kurikuler TK Sekolah Islam Ibnu Hajar dirancang untuk membentuk fondasi keimanan, kecerdasan, dan keterampilan hidup anak sejak dini. Dengan pendekatan yang terintegrasi antara nilai Islam dan pengembangan potensi anak, setiap kegiatan diarahkan untuk menumbuhkan akhlak mulia, rasa ingin tahu, dan semangat belajar sepanjang hayat.
Fokus utama pengembangan anak dituangkan dalam empat pilar:
1. Al-Quran & As-Sunnah
Al-Quran dan Sunnah dipelajari sebagai mata air keimanan, yang tercermin dalam ketaatan beribadah dan keluhuran akhlak sehari-hari. Anak-anak diarahkan untuk mengenal dan mencintai agamanya dengan cara yang menyenangkan dan bermakna.
2. Logika Akademika
Kecintaan pada ilmu ditumbuhkan melalui berbagai kegiatan yang merangsang daya pikir, kreativitas, dan imajinasi. Dari ragam khasanah keilmuan, anak-anak dibimbing untuk terbuka terhadap pengetahuan baru, berani bertanya, dan mampu menghubungkan ilmu dengan kehidupan nyata.
3. Leadership
Melalui kebersamaan, kepedulian, dan kecintaan pada alam serta lingkungan sekitar, anak-anak dibimbing menjadi insan yang mampu memimpin dirinya sendiri sekaligus memberikan pengaruh positif bagi lingkungannya. Nilai kepemimpinan ditanamkan dengan menekankan disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama.
4. Kewirausahaan
Anak-anak diperkenalkan pada profesi berbasis kearifan lokal dan keterampilan sederhana yang sesuai dengan usia mereka. Dengan begitu, minat dan bakat yang mereka tekuni kelak tidak hanya menjadi kesukaan semata, tetapi juga dapat bernilai manfaat, memberikan kehidupan bagi diri, keluarga, dan masyarakat.
Â
Ko kurikuler adalah program yang diadakan untuk penguatan, pendalaman dan atau pengayaan dari pembelajaran yang dipelajari dalam kelas.Â
Siswa diajak untuk melihat implementasi komptensi yang mereka pelajari di kelas dalam dunia luar. Hal ini menjadi sarana untuk menumbuhkan siswa yang reflektif, critical-creative and communicative collaborative.
 Program Kegiatan TK Sekolah Islam Ibnu Hajar
TK A & TK B
Outbound
Kunjungan Edukatif
Home Visit
Bertani
Beternak
Hari Peran
Cooking
Berkisah
Aqua Play
Camping
Market Day
Performance
Khotmil Quran
Dalam mengembangkan potensi siswa selain akademik, TK Sekolah Islam Ibnu Hajar bekerjasama dengan lembaga terpercaya memberikan wadah untuk siswa mengembangkan minat dan bakatnya. Selain itu melalui kegiatan ekstrakurikuler ini dapat mengembangkan kepercayaan diri siswa dalam bidang yang diminatinya.
- Basketball
- Tari
- Futsal
- English Club
- Swimming
- Taekwondo
Nilai-nilai adalah karakter dan kepribadian yang menjadi identitas lembaga. Nilai ini tercermin dalam diri seluruh SDM, siswa, dan orang tua, serta menjadi pijakan dalam setiap langkah menuju visi lembaga.
1. SEMANGAT
Menjalani setiap aktivitas dengan antusias, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas. Karakter utama: visioner, proaktif, totalitas.
2. CERDAS
Menggunakan akal sehat sebagai pedoman dalam bersikap dan mengambil keputusan. Karakter utama: logis, kritis, solutif.
3. INOVATIF
Berkarya dengan penuh kreativitas dan semangat pembaruan. Karakter utama: mencintai ilmu, terbuka, kreatif.
4. TELADAN
Menjadikan akhlak karimah sebagai landasan dalam berinteraksi dan berkreasi. Karakter utama: amanah, memuliakan, mencontohkan.
5. HARMONI
Membangun kehidupan yang selaras dan seimbang dengan diri sendiri, sesama, serta lingkungan sekitar. Karakter utama: peduli, adil, seimbang.
Learning Programs
Program pembelajaran inovatif di Sekolah Islam Ibnu Hajar dirancang untuk mengembangkan kemampuan dasar anak dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama yang kuat sebagai fondasi pembentukan jati diri. Melalui pendekatan kontekstual yang sesuai dengan karakteristik usia dini, anak-anak diajak terlibat aktif dalam proses belajar, menumbuhkan perilaku baik, serta membangun karakter positif. Kegiatan praktis, permainan kreatif, dan kerja sama tim menjadi sarana untuk menstimulasi daya pikir, melatih keterampilan kognitif, dan menumbuhkan rasa percaya diri. Dengan demikian, setiap anak dipersiapkan untuk menjelajahi pengalaman baru dengan semangat dan keyakinan.
Kesiswaan
Kunjungan Edukasi
Kunjungan Edukasi merupakan salah satu program pembelajaran di luar kelas yang dirancang khusus untuk memperluas wawasan dan pengalaman nyata bagi anak-anak TK. Melalui kegiatan ini, siswa diajak untuk mengenal secara langsung berbagai tempat, profesi, maupun lingkungan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Kegiatan ini bukan hanya sekadar jalan-jalan, tetapi memiliki tujuan pendidikan yang mendalam. Anak-anak belajar dengan cara mengamati, bertanya, dan merasakan langsung suasana di lapangan. Misalnya, berkunjung ke kebun binatang untuk mengenal ragam ciptaan Allah, ke museum untuk memahami sejarah dan budaya, atau ke pabrik roti untuk melihat proses pembuatan makanan.
Selain memperkaya pengetahuan, Kunjungan Edukasi juga melatih keterampilan sosial anak. Mereka belajar berinteraksi dengan lingkungan baru, menumbuhkan rasa ingin tahu, serta meningkatkan keberanian dalam mengemukakan pendapat. Di sisi lain, kegiatan ini mempererat kebersamaan antar teman dan guru karena dilakukan dalam suasana menyenangkan dan penuh kebersamaan.
Dengan demikian, Kunjungan Edukasi menjadi salah satu cara efektif untuk menanamkan pembelajaran bermakna yang tidak hanya mengasah intelektual, tetapi juga membentuk karakter, rasa hormat, serta kecintaan anak terhadap ilmu dan lingkungan sekitarnya.
Market Day
Market Day merupakan kegiatan pembelajaran berbasis pengalaman nyata yang dirancang untuk mengenalkan anak-anak TK pada dunia kewirausahaan sejak dini. Dalam kegiatan ini, siswa berperan sebagai penjual maupun pembeli, sehingga mereka dapat merasakan secara langsung bagaimana proses jual beli berlangsung dalam kehidupan sehari-hari.
Anak-anak diajak untuk menyiapkan berbagai produk sederhana, seperti makanan ringan, minuman sehat, atau hasil karya tangan mereka sendiri. Bersama guru dan orang tua, mereka belajar tentang perencanaan, pengemasan, penyajian, hingga cara menawarkan produk dengan sopan dan menarik. Saat kegiatan berlangsung, mereka juga dilatih untuk mengelola uang, menghitung transaksi sederhana, serta memahami nilai kejujuran dalam berdagang.
Market Day bukan hanya tentang aktivitas ekonomi kecil, tetapi juga tentang pembelajaran karakter. Anak-anak belajar arti kerja sama, saling menghargai, disiplin, serta kemandirian. Selain itu, kegiatan ini menumbuhkan rasa percaya diri karena mereka berani berinteraksi dengan banyak orang dan menyampaikan hasil karyanya.
Dengan suasana yang menyenangkan dan penuh kebersamaan, Market Day memberikan pengalaman berharga yang membekas di hati anak. Mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan praktis tentang jual beli, tetapi juga menumbuhkan jiwa wirausaha, kreativitas, dan kepedulian sosial yang akan bermanfaat untuk masa depan.
Berita & Agenda

PGTK 17 Agustus 2025
Kemeriahan 17 Agustusan 2025 Kemeriahan 17 Agustusan 2025 di PGTK Sekolah Islam Ibnu Hajar PGTK Sekolah Islam Ibnu Hajar Meriahkan HUT RI Ke-80 Â Dalam
Guru dan staf









Kenapa Memilih TK Sekolah Islam Ibnu Hajar



