Sekolah Menengah Pertama
Pada jenjang ini diharapkan mampu menghasilkan Local Talent Explorer dimana siswa setelah melakukan penjelajahan pada tingkat dasar, ia mulai mempelajari lebih dalam jenius lokal yang menarik bagi dirinya sesuai personality genetiknya. Siswa diajak lebih dalam mempelajari karakter, kunci sukses, proses kreatif dan spiritual para talenta lokal melalui metode wawancara, live in dan magang.
Disamping itu, pada jenjang ini siswa ditargetkan mampu: Hafal Al-Qur’an 2 Juz, memilih local talent profesion, memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.
Jenjang SMP
Pada level ini siswa mampu memahami potensi kecerdasan genetiknya. Mengklasifikasikan tindakan yang cerdas dan tidak cerdas bagi dirinya. Berusaha melakukan perbaikan kearah cerdas personaliti genetiknya.
Pada level ini siswa mengikuti program full day school dimana siswa berfokus pada aktivitas hapalan Al-Qur’an, tadabbur Qur’an melalui terjemah Qur’an, Sirah Nabawiyah, Sains dan Matematika, Penguasaan Bahasa Inggrris dan atau Bahasa Arab.
Dasar-dasar kecintaan pada jenius lokal ditanamkan dengan melakukan pengelolaan produksi pertanian dan peternakan pada skala yang lebih luas.
Pada level ini siswa diharapkan mampu melatih secara kontinyu kecerdasan genetiknya sesuai dengan indikator-indikator cerdas personality, memotivasi dirinya untuk meraih prestasi sesuai kecerdasan genetiknya, menggali passion untuk masa depannya dan mengeksplorasi jenius local profession bagi dirinya.
Pada level ini siswa mulai mengeksplorasi ragam genius lokal profesion bagi dirinya. Pada level ini siswa mulai mengeksplorasi ragam genius local talent melalui kegiatan live in, magang dan wawancara. Disamping itu, melalui program full day school, siswa melakukan murajaah hafalan, tadabbur Qur’an melalui terjemah dan mempelajari sirah nabawiyah dan aplikasi bahasa arab atau inggris pada aktivitas harian.
Setelah mengeksplorasi ragam profesi jenius lokal pada jenjang level 8, siswa diharapkan mampu menemukan passion-nya, menetapkan genius local profession dan bertanggung jawab atas pilihan profesinya. Siswa mengikuti program magang yang lebih dalam pada jenis profesi yang telah dipilihnya. Disamping itu, melalui program full day school, siswa melakukan murajaah hafalan, tadabbur Qur’an melalui terjemah dan mempelajari sirah nabawiyah dan aplikasi bahasa Arab/inggris pada aktivitas harian.
Temu Jenius Lokal
Bertemu dengan orang merupakan hal yang biasa. Namun akan menjadi berbeda ketika berinteraksi langsung dengan seorang yang dianggap “jenius lokal”. Kesempatan bertemu dengan mereka merupakan sesuatu yang langka, tentu ini menjadi peluang yang baik bagi siswa untuk bisa bertanya bahkan mendapatkan energi positif yang luar biasa dari seorang jenius lokal.
Live in Religi
Live in religi
Yang pernah nyantri mungkin akan tahu betul suka dukanya mengalami kehidupan pesantren. Namun tentu lebih dari sekedar suka duka, ruh spiritualitas amat terasa. Pengalaman tersebut tidak bisa dialami semua orang karena berbagai faktor. Maka dari itu, kegiatan ini menjadi alternatif bagi siswa kami untuk mencicipi kehidupan pesantren, dengan harapan ruh spiritualitas siswa pun ikut terbangun meskipun dalam waktu yang singkat.
Ekspedisi
Kegiatan ekspedisi dilakukan dalam bentuk pendakian dan susur pulau. Mandiri dan mengasah solidaritas menjadi tujuan utama dalam kegiatan ini. Penggembelengan untuk mencapai tujuan tersebut bisa dilakukan dengan optimal ketika siswa mengalami titik kritis saat kegiatan berlangsung. Titik kritis akan menunjukkan pribadi sebenarnya tanpa ditutup-tutupi. Pola asuh yang dibangun selama ini akan menunjukkan jati diri siswa dan kepekaan sosial secara langsung pun akan terlihat jelas.
Company Profile
Melihat langsung dari dekat bagaimana sebuah perusahaan dijalankan merupakan pengalaman yang akan tersimpan dalam memori jangka panjang. Ditambah lagi dengan mencoba menganalisis SWOT perusahaan tersebut tentu menjadi sebuah pembelajaran yang sangat berharga bagi siswa. Harapan dari kegiatan ini adalah siswa menjadi lebih berani untuk memulai usaha yang akan dijalaninya.
Proyek Tema
Pembelajaran di SMP Islam Ibnu Hajar berbasis tematik. Di setiap semesternya, siswa belajar tema yang berbeda-beda. Adapun tema yang dimaksud adalah Ecofarming, Ecokuliner, Art Techno, Herbal Medicine, Eco Design dan Sociopreneur. Muara dari setiap tema adalah sebuah pembelajaran berbasis proyek. Tujuan mendasar dengan pembelajaran berbasis proyek adalah agar kemampuan siswa dalam memecahkan sebuah permasalahan meningkat dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem – problem yang kompleks.
Sekilas
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Staff Pengajar
6 Guru Kelas
5 Guru Bidang Studi
Rata-rata berpengalaman mengajar di atas 2 tahun
Seluruhnya lulusan universitas
Maksimal Kelas
Perbandingan guru:siswa adalah 6:1
Maksimal 26 siswa per kelas
Menu Sekolah SMP
Sekolah Menengah Pertama merupakan tempat belajar yang luar biasa. Staf pengajar kami mendampingi karakter siswa sesuai dengan Personal Genetik mereka.
Ruang kelas berupa saung yang membuat pencahayaan dan udara segar selalu tersedia. Lingkungan luar yang asri dan nyaman membuat siswa betah bagaikan di rumah mereka sendiri.
Upacara
Manajemen Keuangan Mandiri
Cahaya Qur’an
Bina Fisik
Daily Counting
Cahaya Qur’an
Bina Fisik
Daily Reading
Cahaya Qur’an
Bina Fisik
Daily Writing
Cahaya Qur’an
Daily Speaking
Kajian Ayat